cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 20883021     EISSN : 25988077     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2019)" : 16 Documents clear
HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PPH Nurina Kurniasari Rahmawati; Arie Purwa Kusuma
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.234 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976

Abstract

Matematika tidak terlepas dari konsep-konsep yang bersifat abstrak, penguasaan konsep-konsep matematika merupakan prasyarat untuk dapat memahami dan mengembangkan cabang ilmu-ilmu yang lain. Matematika juga memiliki hubungan antara ilmu satu dengan yang lain sehingga dalam setiap memperkenalkan konsep yang baru diperlukan konsep selanjutnya yang lebih tinggi. Sebagai ilmu yang universal, matematika tidak dapat terpisahkan dari berbagai disiplin ilmu lain. Salah satu ilmu atau matapelajaran yang memiliki keterkaitan dengan matematika adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara pemahaman konsep aritmatika sosial dengan hasil belajar IPS pada materi PPH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey melalui pendekatan korelasi. Populasi yang digunanakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika materi aritmatika sosial dengan hasil belajar IPS materi PPH, dimana rhitung sebesar 0.90 sedangkan r table dengan n = 30 adalah 0.361 dengan taraf signifikan 0,05.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA MATEMATIKA DASAR Susanah Susanah
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.883 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) mata kuliah Matematika Dasar untuk pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 tahun akademik 2018/2019. Proses pengembangan LKM ini dilaksanakan dengan mengikuti tahapan pengembangan hasil modifikasi model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yang disebut model umum pemecahan masalah pendidikan (The general model of educational problem solving). Model ini terdiri dari lima fase, yakni: (a) Investigasi Awal, (b) Desain (Design), (c) Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction), (d) Pengujian, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation, and Revision), dan (e) Implementasi (Implementation). Pada penelitian ini fase 5 (Implementasi) tidak dilaksanakan. LKM yang dihasilkan sebanyak 7 untuk perkuliahan selama satu semester. LKM yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis didasarkan simpulan dua orang ahli yang menyatakan bahwa LKM tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi pada redaksi dan sajian materi. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran oleh seorang pengamat pembelajaran Matematika Dasar dapat terlaksana dengan baik. LKM yang dihasilkan juga dinyatakan efektif karena mahasiswa yang memprogram mata kuliah Matematika Dasar memperoleh nilai minimal B-, mahasiswa juga memberikan respon positip terhadap aspek yang ditanyakan.
PENERAPAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN RESITASI PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA Abdul Rahman Nawi; Nurina Kurniasari Rahmawati; Iswadi Iswadi
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.466 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1978

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi Bangun Datar Segitiga, antara siswa yang diajar dengan menggunakan MetodeDrill dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Resitasi. Penelitian ini dilaksanakan selama tigabulan tepatnya yaitu bulan April sampai dengan bulan juni 2018, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa, tepatnya 30 orang siswa kelas VII-1 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Drill, dan 30 orang siswa kelas VII-2 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Resitasi, pemilihan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Drill memiliki rata-rata 74,67, simpangan baku 7,16, median 72,63, serta modus 72,83. Selanjutnya hasil belajar siswa yang diajar melalui metode Resitasi memiliki rata-rata 66,17, simpangan baku 7,15, median 65,88 serta modus 64,5. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung= 4,64 > ttabel = 2,002. Maka diperoleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Drill dengan hasil belajar matematika yang menggunakan metode Resitasi pada materi Bangun Datar Segitiga di Kelas VII SMP Fatachilah Grogol, Jakarta Barat.
TINGKAT PENGUASAAN SISWA KELAS X SMA ISLAM PARLAUNGAN SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS GAYA BELAJAR Ardianik Ardianik; Boedi Martono; Windi Setiawan
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.112 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1979

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat penguasaan siswa kelas X SMA Islam Parlaungan berbasis gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Parlaungan Sidoarjo yang berjumlah 49 siswa, yang berbasis gaya belajar visual ada 21 siswa, gaya belajar auditori ada 16 siswa, dan gaya belajar kinestetik ada 12 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan dengan memberikan angket gaya belajar dan metode tes. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil tes dengan mengklasifikasikan tingkat penguasaan siswa berdasarkan nilai kriteria kelulusan minimal (KKM) mata pelajaran matematika yaitu 75 dan mengklasifikasikan tingkat penguasaan siswa berdasarkan nilai mean dan standar deviasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Tingkat penguasaan materi berdasarkan nilai KKM, menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa visual pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel ada 8,2% yang menguasai dan ada 34,7% yang tidak menguasai. Tingkat penguasaan materi siswa auditori ada 6,1 % yang menguasai dan ada 26,5% yang tidak menguasai. Tingkat penguasaan materi siswa kinestetik tidak ada 0% yang menguasai dan ada 24.5% yang tidak menguasai; (2) Tingkat penguasaan materi berdasarkan nilai mean dan standart deviasi, menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa visual pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel tergolong klasifikasi tinggi ada 8,2%, tergolong klasifikasi sedang ada 28,6%, dan tergolong klasifikasi rendah ada 6,1%. Tingkat penguasaan materi siswa auditori yang tergolong klasifikasi tinggi ada 6,1%, tergolong klasifikasi sedang ada 26,5%, dan tidak ada 0% yang tergolong klasifikasi rendah. Tingkat penguasaan materi siswa kinestetik tergolong klasifikasi tinggi tidak ada (0%), tergolong klasifikasi sedang ada 14,3%, dan yang tergolong klasifikasi rendah ada 10,2%.
PENERAPAN METODE MMP DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI Erni Budiyanti; Arie Purwa Kusuma; Desy Bangkit Arihati
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.169 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1980

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Missouri Mathematics Problem (MMP) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2018, dengan metode eksperimen. Sampel dari penelitian ini berjumlah 72 siswa, 36 siswa di kelas X Elektro 2 yang menggunakan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dan 36 siswa di kelas X Elektro 1 yang menggunakan metode Numbered Head Together (NHT), pemilihan sampel penelitian secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes materi trigonometri berbentuk soal pilihan ganda, dari hasil ujicoba tes yang valid 25 soal dengan menggunakan reliabilitas Kuder Richardson (KR-20) diperoleh 0,9147. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki rata-rata 76,5 dan rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Numbered Head Together (NHT) memiliki rata-rata 71,33. Dalam uji prasyarat kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis data diperoleh thitung = 2,068 > ttabel = 1,994. Maka diperoleh kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode Numbered Head Together (NHT) pada materi Trigonometri di kelas X.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA Chrisnaji Banindra Yudha
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.664 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1981

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental design dengan model desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PGSD Semester ganjil 2018/2019 pada mata kuliah pendidikan matematika SD 2. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 Mahasiwa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol. Instrument penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi untuk guru dan siswa yang masing-masing telah divalidasi oleh ekpert judgement. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan secara berkelanjutan dengan kategori penilaian baik. (2) kemampuan berpikir kritis berimbas pada Hasil belajar matematika setelah diterapkan pendekatan saintifik dengan kategori tinggi. Begitu juga pada kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional, juga mengalami peningkatan hasil belajar akan tetapi peningkatannya dengan kategori sedang. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD STKIP Kusuma Negara Semester Ganjil 2018/2019.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR Yeni Yulianti; Mohamad Syafi’i; Abdul Hakim Ma’ruf
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.148 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1982

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan keaktifan siswa serta hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada materi Turunan Fungsi Aljabar di kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Leuwiliang semester genap tahun pelajaran 2017/2018.Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kurt Lewin. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), reflecting (refleksi). Waktu penelitian adalah 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2018 sampai bulan Mei 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perbaikan/peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar79,38%, siklus II sebesar 88,13% dan siklus III sebesar 91,88% dan perbaikan/peningkatan keaktifan siswa yaitu padasiklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar91%, serta terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan yang dibuktikan dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus Isebesar 58,33%, siklus Iisebesar 66,67%, siklus IIIsebesar 80,56%,dan hasilwawancarayang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT)adalah menyenangkan bagi siswa.Kesimpulan yang dapat diambil peneliti dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa belajar matematika dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipeteam games tournament (TGT)dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan keaktifan siswa serta hasil belajar matematika siswa.
HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PPH Rahmawati, Nurina Kurniasari; Kusuma, Arie Purwa
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.234 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976

Abstract

Matematika tidak terlepas dari konsep-konsep yang bersifat abstrak, penguasaan konsep-konsep matematika merupakan prasyarat untuk dapat memahami dan mengembangkan cabang ilmu-ilmu yang lain. Matematika juga memiliki hubungan antara ilmu satu dengan yang lain sehingga dalam setiap memperkenalkan konsep yang baru diperlukan konsep selanjutnya yang lebih tinggi. Sebagai ilmu yang universal, matematika tidak dapat terpisahkan dari berbagai disiplin ilmu lain. Salah satu ilmu atau matapelajaran yang memiliki keterkaitan dengan matematika adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara pemahaman konsep aritmatika sosial dengan hasil belajar IPS pada materi PPH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey melalui pendekatan korelasi. Populasi yang digunanakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika materi aritmatika sosial dengan hasil belajar IPS materi PPH, dimana rhitung sebesar 0.90 sedangkan r table dengan n = 30 adalah 0.361 dengan taraf signifikan 0,05.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA MATEMATIKA DASAR Susanah, Susanah
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.883 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) mata kuliah Matematika Dasar untuk pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 tahun akademik 2018/2019. Proses pengembangan LKM ini dilaksanakan dengan mengikuti tahapan pengembangan hasil modifikasi model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yang disebut model umum pemecahan masalah pendidikan (The general model of educational problem solving). Model ini terdiri dari lima fase, yakni: (a) Investigasi Awal, (b) Desain (Design), (c) Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction), (d) Pengujian, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation, and Revision), dan (e) Implementasi (Implementation). Pada penelitian ini fase 5 (Implementasi) tidak dilaksanakan. LKM yang dihasilkan sebanyak 7 untuk perkuliahan selama satu semester. LKM yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis didasarkan simpulan dua orang ahli yang menyatakan bahwa LKM tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi pada redaksi dan sajian materi. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran oleh seorang pengamat pembelajaran Matematika Dasar dapat terlaksana dengan baik. LKM yang dihasilkan juga dinyatakan efektif karena mahasiswa yang memprogram mata kuliah Matematika Dasar memperoleh nilai minimal B-, mahasiswa juga memberikan respon positip terhadap aspek yang ditanyakan.
PENERAPAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN RESITASI PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA Nawi, Abdul Rahman; Rahmawati, Nurina Kurniasari; Iswadi, Iswadi
Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.466 KB) | DOI: 10.36456/buanamatematika.v9i1:.1978

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar matematika khususnya dalam materi Bangun Datar Segitiga, antara siswa yang diajar dengan menggunakan MetodeDrill dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Resitasi. Penelitian ini dilaksanakan selama tigabulan tepatnya yaitu bulan April sampai dengan bulan juni 2018, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa, tepatnya 30 orang siswa kelas VII-1 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Drill, dan 30 orang siswa kelas VII-2 yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Resitasi, pemilihan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Drill memiliki rata-rata 74,67, simpangan baku 7,16, median 72,63, serta modus 72,83. Selanjutnya hasil belajar siswa yang diajar melalui metode Resitasi memiliki rata-rata 66,17, simpangan baku 7,15, median 65,88 serta modus 64,5. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung= 4,64 > ttabel = 2,002. Maka diperoleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Drill dengan hasil belajar matematika yang menggunakan metode Resitasi pada materi Bangun Datar Segitiga di Kelas VII SMP Fatachilah Grogol, Jakarta Barat.

Page 1 of 2 | Total Record : 16